Budaya

Rabu, 30 November -0001 | 01:00

Mamuju, Sulbarkita.com -- Duta Kain Tradisional Indonesia Provinsi Sulawesi Barat, M. Bachtiar, H, berharap mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah. Terlebih ia yang akrab disapa Arpan ini berencana terlibat kontes peragaan kain tradisional tingkat nasional. Ajang itu akan berlangsung di Palu, Sulawesi Tengah, pada Kamis, 27 September 2018.

Salah satu motivasinya mengikuti kontes tersebut adalah memperkenalkan Lipa’ Sa’be Mandar atau sarung sutra khas Sulawesi Barat di level nasional hingga mancanegara. “Sarung sutra Mandar merupakan salah satu kain dengan hasil tenunan yang halus di Indonesia,” ujarnya kepada Sulbarkita.com di kediamannya di Mamuju, Senin, 9 Juli 2018.

Kontes kain tradisional Indonesia diselenggarakan Ikatan Pecinta Kain (IKAT Indonesia) bakal diikuti kontestan dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Rencananya, kontes tersebut berlangsung selama lima hari, hingga 1 Oktober 2018.

Arpan yang sehari-hari bekerja sebagai pegawai swasta tersebut mengaku telah mempersiapkan diri untuk menghadapi kontes tersebut. Ini karena menurutnya, peserta harus memiliki pengetahuan mendalam tentang kain khas daerah asalnya. “Saya berkunjung ke beberapa tempat di Sulbar untuk mengetahui cara menenun, serta sejarah bahan dan Lipa’ Sa’be,” ucapnya.

Sayangnya, saat ini Arpan terkendala soal biaya. Padahal ia membutuhkan ongkos untuk akomodasi dan kontribusi pendaftaran kontes yang totalnya mencapai Rp 10 juta. Permohonan bantuan pun ia ajukan kepada pemerintah daerah.

Namun hingga kini belum ada jawaban dari Dinas Pariwisata Kabupaten Polewali Mandar. “Mereka menyuruh saya kembali untuk mengecek beberapa hari lagi,” ujar pria 21 tahun kelahiran Polman ini.

Kendati belum terang urusan modal, Arpan optimistis menang. Mengingat ia baru saja menorehkan prestasi dalam ajang Putra Puteri Kebudayaan Sulselbar di Makassar, Sulawesi Selatan, 8 Mei 2018. Dalam perhelatan itu, ia meraih juara pertama dan menyandang gelar kostum terbaik (the best costume) dan Duta Kain Tradisional Sulbar Indonesia 2018. ERISUSANTO



Komentar Untuk Berita Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas