Polewali Mandar

Selasa, 25 Februari 2020 | 19:56

Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi IV DPRD Polman/ Sulbarkita.com-Ahmad

Polman, Sulbarkita.com -- Sebanyak 3000 penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Polman tidak bisa menerima santunan dari pemerintah. Pasalnya, Kepala Bidang Pemberdayaan dan Penanganan Bantuan Sosial, Dinas Sosial (Dinsos) Polman, Syarifuddin Amin mengatakan 3000 penerima tersebut adalah orang dengan data ganda.

“Misalnya suaminya dapat, istrinya juga masuk PKH padahal aturannya cuma suami atau cuma istri. Ada juga penerima yang namanya sama cuma beda satu huruf, tapi alamatnya sama,” kata Syarifuddin dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi IV DPRD Polman dengan Dinas Sosial, Badan Pusat Statistik (BPS), dengan sejumlah aparat desa dan kecamatan pada Selasa, 25 Februari 2020.

Syarifuddin mengatakan bantuan untuk 3000 penerima bantuan PKH itu akhirnya tertahan alias tidak bisa disalurkan. Pemerintah menolak menggelontorkan bantuan sebelum adanya perbaikan atau validasi data. “Data penerima harus benar-benar valid,” katanya.

Baca Juga:

Warga Polman Ramai-ramai Mundur Dari Program PKH

Menurut Syarifuddin, amburadulnya data penerima bantuan PKH dipicu oleh verifikasi data yang belum seluruhnya dilakukan oleh aparat desa. Dari 144 desa di Polman, kata Syarifuddin, baru 15 yang melakukan verifikasi.

“Kami sudah mengirim operator untuk mengajari desa memverifikasi data warganya, mana yang layak mendapatkan bantuan dan mana yang tidak,” ucapnya. “Kami sedang tunggu aksinya paling lambat Maret,” Syarifuddin menambahkan.

Ketua Komisi IV DPRD Polman, Agus Pronoto justru mengkritik Dinsos Polman lantaran dinilai kurang proaktif dalam mendorong perbaikan data penerima bantuan. “Informasi yang kami terima, perubahan data untuk penerima bantuan di Polman masih nol,” katanya. “Kami merasa malu jadi orang Polman,” kata Agus.

Ahmad G



Komentar Untuk Berita Ini (1)

  • Sulaiman Kamis, 22 Oktober 2020

    Kemarin bulan 6-7 2020 saya dapat bantuan program keluarga harapan (PKH). TP di bulan 08 sampai bulan sekarang saya sudah tidak dapat lagi. Jadi saya ingin penjelasan dari semua itu

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas