Polewali Mandar

Senin, 25 Maret 2019 | 20:00

Kosaster Siin Unasman Melakukan Latihan Menari/Sulbarkita.com-Ahmad

Polman, Sulbarkita.com -- Komunitas Seni Sastra dan Teater (Kosaster) Siin, Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) Polewali mengusung tarian bertajuk Murka Bumi pada kompetisi festival tari mahasiswa tingkat Nasional ke 5.

Ajang pekerja seni kampus se-Nusantara ini akan dilangsungkan pada 7 April hingga 15 April mendatang, di kampus Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Pimpinan produksi Variasi Lima Kosaster Siin Unasman, Muh. Fitrah Alqadri mengatakan, festival tari mahasiswa Nasional diikuti 20 Komunitas seni kampus se-Indonesia. Selama event ini digelar, untuk pertama kalinya Kosaster Siin Unasman berhasil lolos seleksi mewakili Sulbar.

“Kegiatan ini dua tahun lalu diadakan di Palembang, Sumatera Selatan. Sekarang tuan rumahnya Makassar, dua tahun sekali diadakan bergilir. Nanti penutupan ditentukan lagi siapa tuan rumahnya. Kemarin kami mengirim video kurasi tarian dan dinyatakan lulus oleh tim juri setelah dikurasi,” ujar Fitrah saat ditemui, Jumat 22 Maret 2019.

Menurut Fitrah, Kosaster Siin Unasman mengangkat tarian bertajuk Murka Bumi pada ajang kali ini lantaran terinspirasi maraknya musibah bencana alam yang kerap melanda Indonesia. “Kami melihat rentetan bencana alam yang melanda negeri ini, sehingga kami akan menampilkan tarian bertema Murka Bumi di ajang tersebut,” kata dia.

Fitrah menambahkan, rombongan tim Kosaster Siin Unasman berangkat ke Makassar berjumlah 15 orang, terdiri dari tiga orang penari laki-laki, enam orang penari perempuan serta penata bunyi dan penata lighting. “Kami sudah bincang-bincang dengan Rektor, Alhamdulillah ada perhatian sebab apapun itu kami juga dibawah naungan kampus,” kata Fitrah.

Selain itu, Fitrah juga sangat berharap ada perhatian khusus dari pemerintah daerah, khususnya dinas terkait. Sebab tim penari Kosaster Siin Unasman masih terkendala biaya registrasi sebesar 350 ribu rupiah per orang. “Jujur, sekarang ini kami masih sangat kurang dibiaya registrasi,” katanya.

Tim produksi Kosaster Siin Unasman saat ini masih terus melakukan penggalangan dana melalui kegiatan bazar maupun menebar proposal bantuan. “Semua yang ikut ke Makassar nanti adalah para seniman muda yang tergabung di Kosaster Siin Unasman,” ucap Fitrah.

Ahmad G



Komentar Untuk Berita Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas