Nasional

Selasa, 04 Februari 2020 | 02:01

Brigjen Baharuddin Djafar/Ist

Jakarta, Sulbarkita.com -- Markas Besar Polri kembali melakukan mutasi jabatan besar-besaran di internal organisasinya. Dalam Surat Telegram Polri bernomor ST/385/II/Kep/2020 yang terbit Senin 3 Februari 2019, salah satu nama yang tertera adalah Kepala Polda Sulbar Brigadir Jenderal Baharuddin Djafar.

"Diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Maluku," demikian petikan surat yang salinannya juga didapatkan oleh Sulbarkita.com.

Baharuddin digantikan oleh Brigjen Eko Budi Sampurno yang sebelumnya adalah Staf Perencanaan Umum dan Anggaran (Srena Polri).

Baca Juga:

Terbukti Terlibat Bentrok, 13 Anggota Brimob Sulbar Ditahan

Kapala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono membenarkan pergantian Kapolda Sulbar. Namun dia membantah pergantian itu berkaitan dengan bentrokan yang melibatkan belasan anggota Brigade Mobil (Brimob) di Polman. "Mutasi biasa," kata Argo kepada Sulbarkita.com saat dihubungi melalui pesan Whatsapp pada Senin malam. "Kalau Kapolda ya, promosi to jadi bintang dua," ujar Argo menambahkan.

Bentrokan antara anggota Brimob di Polman sempat menyita perhatian publik secara nasional. Sebab beredar video aksi tembakan ke atas oleh belasan anggota Brimob berseragam lengkap di tengah kerumunan warga.

Baca Juga:

Propam Polda Sulbar: Aksi Tembakan Brimob di Polman Bukan Pelanggaran

Kasus ini bermula ketika Komandan Kompi (Danki) Brimob III Batalyon A Polman, Ipda Ojan Prabowo, bersama keluarganya berkunjung di tempat wisata permandian Salu Paja'an, Desa Batetangnga, Kabupaten Polewali Mandar, Senin, 20 Januari 2020.

Ia tak terima dimintai dua kali bayaran masing-masing Rp 5,000. Sehingga terlibat cekcok dan berujung perkelahian dengan penjaga loket. Beberapa saat kemudian, anggota Kompi 3 Batalyon A Sat Brimob Polda Sulbar datang ke TKP dan melepaskan tembakan.

Kasus ini kemudian ditangani Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sulbar. Sebanyak 13 anggota Brimob diberi sanksi penahanan dan menjalani sidang etik.

Erisusanto



Komentar Untuk Berita Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas