Mamuju

Minggu, 08 Desember 2019 | 18:55

Mentan Syahrul Yasin Limpo memberikan sambutan di Mamuju/Sumber: Humas Pemprov Sulbar

Mamuju, Sulbarkita.com -- Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyalurkan bantuan berupa fasilitas pertanian kepada 6 kabupaten se Sulawesi Barat. Hal itu ia sampaikan saat melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Barat, Sabtu, 7 Desember 2019.

“Pemerintah hanya memberi stimulasi berupa bantuan dengan bunga rendah, kemudian masyarakat petani harus mampu untuk menggunakan managemen yang baik dan hitungan pasar yang betul,” ujar Syahrul.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan dua periode itu mengatakan, membangun pertanian membutuhkan kerja sama, perencanaan yang kuat dan akselerasi yang cepat mulai dari hulu hingga hilir.

“Tidak boleh manja, kita harus kerja, pertanian itu sangat menjanjikan, bukan hanya diri kita bisa hidup dari pertanian melainkan juga bisa membuat orang kaya. Sulbar pasti bisa,” ujarnya.

Adapun bantuan yang akan diberikan tersebut sebesar Rp 144 miliar yang terdiri dari 69 ton benih jagung untuk areal 7 ribu hektar, benih padi untuk 71 ribu hektar sawah, Power Trasher 5 unit, Hand Traktor roda empat 3 unit, roda dua 19 unit, paket Asuransi Untuk Ternak Sapi/ Kerbau 1,076 ekor, Pompa air 13 unit, Cultivator 7 unit, Corn Sheller 5 unit, bantuan ayam 800 ribu ekor untuk 5 kabupaten, pakan ayam sebanyak 2 ribu ton.

Menurut Wakil Gubernur Sulawesi Barat, Enny Anggraeni Anwar, capaian kinerja sektor pertanian provinsi berjuluk Bumi Malaqbiq ini mengalami kemajuan. Dalam kurun waktu 2014 hingga 2017 produksi jagung naik, rata-rata kenaikan sebesar 109,3 persen per tahun.

“Sulbar juga berhasil mengembangkan Inseminasi Buatan (IB) pada 2019 sebanyak 9,033 dari total 8,000 ekor,” kata dia dalam sambutannya.

Namun, Wagub Enny tidak menutup mata bahwa produksi padi walaupun mengalami kenaikan rata-rata setiap tahun 15 persen, tapi masih dibawah rata-rata nasional, 4,81 ton per hektar.

Penyerahan bantuan tersebut diberikan secara simbolis di Desa Sondoang, Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju. Dilanjutkan dengan pernyataan deklarasi dukungan yang dibacakan Bupati Mamuju, Habsi Wahid, dan penanda tanganan kerja sama antara Pemerintah Sulbar dan Kementrian Pertanian.

Erisusanto



Komentar Untuk Berita Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas