Majene

Kamis, 12 November 2020 | 01:11

Sosialisasi Pemilih KPU Majene/Irwan-Sulbarkita.com

Majene, Sulbarkita.com—Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 tak sampai sebulan lagi yakni 9 Desember 2020. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Majene terus berupaya memastikan partisipasi pemilih tidak menurun akibat ketakutan pada pandemi Covid-19.

Komisioner KPU Majene, Munawir Ridwan mengatakan salah satu upayanya yakni meyakinkan masyarakat bahwa pencoblosan bakal aman dari Covid-19. Sebab pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara (tungsura) akan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

BACA JUGA:
MAJENE Debat Pilkada Majene 14 November, KPU Terapkan Prokes Ketat

"Kami sangat mengutamakan keselamatan dan kesehatan pemilih. Begitupun dengan keselamatan penyelenggara dan masyarakat pada umumnya," kata Munawir saat dihubungi melalui aplikasi Whatapp pada Selasa 10 November 2020.

Oleh karenanya, Munawir melanjutkan, TPS bakal dilengkapi peralatan penunjang protokol kesehatan yang sudah disyaratkan pemerintah. Misalnya tempat cuci tangan, gel pembersih tangan (hand sanitizer), sarung tangan bagi pemilih dan penyelenggara, dan masker. “Akan disediakan pula cairan disinfektan, alat pengukur suhu tubuh, dan face shield," ucapnya.

Munawir mengatakan KPU Majene telah mensosialisasikan ketatnya potokol kesehatan pada pencoblosan tersebut kepada masyarakat dan seluruh jajaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 8 kecamatan. Harapannya petugas Pemilu tidak was-was dalam menjalankan tugasnya dan masyarakat bisa berpartisipasi dengan maksimal.

"Pada pemilihan di 9 Desember 2020 nanti akan digunakan pula sebuah aplikasi bernama SIREKAP sebagai inovasi KPU untuk mewujudkan pemilihan yang lebih cepat, efektif dan efisien, serta ramah lingkungan," jelasnya.

Irwan



Komentar Untuk Berita Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas