Advertorial

Kamis, 09 Januari 2020 | 16:11

Komisioner KPU Pasangkayu, Heriansyah/ Sulbarkita.com

Pasangkayu, Sulbarkita.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasangkayu bakal membuka perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) atau ad hoc Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasangkayu 2020.

Menurut jadwal yang telah ditetapkan KPU Pasangkayu, pengumuman pendaftaran dibuka pada 15 hingga 17 Januari 2020. Sementara untuk tahapan penerimaan berkas akan dibuka mulai 18 sampai 24 Januari 2020. Setelah itu, KPU Pasangkayu akan melakukan pemeriksaan administrasi. Untuk pendaftar yang dinyatakan lolos tahapan ini, selanjutnya mengikuti tahapan tes tertulis.

Namun untuk proses pendaftarannya, pihak KPU Pasangkayu belum dapat memastikan mekanismenya. “Sementara menunggu surat edaran KPU Pusat terkait time line, karena akan diumumkan serentak seluruh Indonesia bagi daerah Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pilkada,” ujar Komisioner KPU Pasangkayu, Divisi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Heriansyah.

Heriansyah berharap kepada pendaftar yang terpilih nantinya dapat menjaga integritas dalam melaksanakan tugasnya sesuai mekanisme yang berlaku. “Dapat menjaga marwah KPU sebagai lembaga penyelenggara Pemilu yang bersifat mandiri,” ujarnya.

Bagi yang ingin menjadi penyelenggara pemilu atau yang pernah merasakan pengalaman pada perhelatan demokrasi ini, kesempatan menjadi PPK layak dicoba. Tentu syaratnya harus mempelajari materi kepemiluan yang akan menjadi soal dalam test tertulis.

Berikut ini sumber referensi utama penyusunan soal test tertulis. Dengan memahami aturan berikut, soal-soal dalam ujian tertulis mendatang dapat diselesaikan dengan mudah

 

Bahan bacaan yang wajib dipelajari, diantaranya ;

  1. Undang-undang no 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota.
  2. Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota beserta Wakilnya.
  3. Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2018, Tentang Pemungutan dan Perhitungan Suara dalam Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota beserta Wakilnya.
  4. Peraturan KPU Nomor 16 Tahun 2019 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota beserta Wakilnya.
  5. Peraturan KPU Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pencalonan Gubernur, Bupati, dan Walikota beserta Wakilnya. 

 

Jadwal Seleksi PPK

Advertorial



Komentar Untuk Berita Ini (3)

  • rosalia maria Minggu, 19 Januari 2020

    Semoga soalx brmanfaat

  • Kasim Kamis, 09 Januari 2020

    Semoga kisi kisi dapat bermanfaat, aamiin

  • Kasim Kamis, 09 Januari 2020

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas