Advertorial

Selasa, 14 Januari 2020 | 23:24

Rapat Koordinasi dan Uji Coba Pendaftaran PPK Berbasis Online di Pasangkayu/ Sulbarkita.com

Pasangkayu, Sulbarkita.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasangkayu bakal menggunakan sistem berbasis online pada pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada Kabupaten Pasangkayu 2020.

Komisioner KPU Pasangkayu, Divisi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Heriansyah mengatakan, pendaftaran berbasis online ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat sekaligus membangun sistem teknologi informasi penerimaan PPK ke depan.

“Jadi pendaftar tidak lagi jauh-jauh datang ke kantor KPU Pasangkayu hanya sekedar mengambil format formulir serta surat pernyataan dan fakta integritas,” kata Heriansyah di ruang kerjanya, Selasa 14 Januari 2020.

Menurut Heriansyah, pendaftaran PPK berbasis online ini dilakukan dengan mengakses website resmi KPU Pasangkayu, yakni kpupasangkayu.id. “Log in di website kpu, daftar emailnya kemudian isi semua bio data yang dibutuhkan,” ujarnya.

Setelah pengisian bio data, kata Heriansyah, tiga syarat pendaftaran otomatis terisi, di antaranya surat pendaftaran, surat pernyataan dan daftar riwayat hidup. “Itu di print out kemudian dibubuhi tanda tangan bermaterai 6 ribu,” tuturnya.

Pendaftaran berbasis online ini akan diuji coba dengan melibatkan pemerintah kecamatan di Kabupaten Pasangkayu. Uji coba tersebut akan dimulai pada Rabu, 15 hingga Jumat 17 Januari. “Kami akan simulasi sekaligus mengumumkan pendaftaran PPK di 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Pasangkayu,” kata Heriansyah.

Namun terdapat kendala dalam penerapan sistem online tersebut, yaitu wilayah di Pasangkayu yang belum dapat mengekses internet. Untuk itu, KPU Pasangkayu juga menyediakan pendaftaran bersifat manual.

“Kami juga menyediakan itu, jadi masyarakat bisa langsung ke kantor KPU Pasangkayu di sini dapat kami bantu untuk proses pendaftaran online,” kata Heriansyah.

Sementara, Komisioner KPU Sulbar, Divisi SDM dan Parmas, Adi arwan Alimin mengapresiasi pemberlakuan pendaftaran sistem online PPK di KPU Pasangkayu. “Kita perlu apresiasi ini, ada 4 KPU se Sulbar, namun hanya KPU Pasangkayu yang menerapkan aplikasi ini,” ucanya saat mengikuti rapat koordinasi dan uji coba pendaftaran PPK berbasis online di aula KPU Pasangkayu, Selasa 14 Januari 2020.

Advertorial



Komentar Untuk Berita Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas