Advertorial

Senin, 16 Maret 2020 | 22:57

Bimbingan Teknis PPK oleh KPU Pasangkayu/Ist

Pasangkayu, Sulbarkita.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasangkayu menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Aula Hotel Mutiara Pasangkayu, 16 Maret 2020. Bimtek tersebut bertujuan untuk menyiapkan tahapan verifikasi faktual dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan atau Independen pada Pilkada 23 September mendatang.

Menurut Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, KPU Pasangkayu, Harlywood Suly Junior, secara teknis verifikasi faktual calon perseorangan dilaksanakan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS). Sementara PPK bertugas melakukan rekapitulasi hasil verifikasi faktual dan monitoring terhadap progres kerja PPS dilapangan. “Termasuk pendampingan terhadap PPS yang melakukan verifikasi faktual,” ujarnya.

Dalam Bimtek yang diikuti 60 orang PPK dari 12 kecamatan se Kabupaten Pasangkayu itu, Harlywood mengatakan tahapan pelaksanaan verifikasi faktual akan dimulai pada 2 hingga 15 April 2020. “Untuk persiapan tahapan verifikasi faktual, PPS mengatur sistem kerja verifikasi faktual dengan ketentuan membagi wilayah kerja, membagi nama yang akan diverifikasi faktual dan memastikan seluruh dokumen yang akan digunakan telah tersedia,” katanya.

Tugas selanjutnya menyampaikan kepada Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) seluruh nama-nama yang akan diverifikasi faktual. “Setelah itu berkoordinasi dengan kepala desa dan kepala dusun, terkait pelaksanaan verifikasi faktual,” kata Harlywood.

Sedangkan tahapan verifikasi faktual, kata Harlywood, PPS akan mendatangi setiap rumah pendukung yang telah memenuhi syarat administratif. Tujuannya untuk mencocokkan nama dan alamat pendukung, serta dukungannya kepada Bakal Pasangan Calon Perseorangan.

“Selanjutnya PPS akan berkoordinasi dengan Bakal Pasangan Calon perseorangan atau tim penghubung untuk menghadirkan seluruh pendukung di wilayah desa atau kelurahan,” kata Harlywood.

Pendukung yang tidak hadir pada waktu dan tempat yang telah ditentukan dapat mengadu di kantor PPS sebelum batas akhir verifikasi faktual. “PPS juga akan mengecek dukungan ganda pada formulir model BA. 4-KWK Perseorangan,” ucap Harlywood.

ADVERTORIAL



Komentar Untuk Berita Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas