Konsultasi

Minggu, 07 Januari 2018 | 23:38

sumber : innovativewealth.com

Sulbarkita.com - Sebagian orang mengeluh “penderitaan” yang sama di pertengahan dan menjelang akhir bulan: kanker alias kantong kering. Tak ayal pada akhirnya banyak yang mesti mengirit sedemikian rupa dengan duit yang tersisa. Bahkan tak jarang orang memilih berhutang demi bisa bertahan hidup.

Sebenarnya, Anda bisa kok menyiasati keuangan agar tidak bokek di akhir bulan. Coba lakukan hal-hal sederhana di bawah ini agar dompet Anda tak jebol.

1. Periksa transaksi
Coba seminggu saja Anda mencatatkan setiap transaksi baik besar maupun kecil, tunai maupun elektronik, ke buku. Periksa baik-baik, apa saja pengeluaran Anda selama ini. Jangan-jangan, sebagian di antaranya adalah pengeluaran tak perlu yang nantinya bisa diminimalisasi.

2. Menabung
Seberapapun sedikitnya, tapi biasakan untuk menyisihkan uang Anda sebagai tabungan. Jika ingin uang aman, buatlah tabungan berjangka di bank. Itu akan membuat Anda disiplin menabung selain menghindarkan rasa “gatal” untuk menggunakannya belanja.

3. Buatlah rekening tanpa kartu ATM
Kemudahan bertransaksi dengan kartu debit dan menjamurnya ATM tentu mempermudah niat Anda untuk menghabiskan duit bulanan. Jadi luangkan waktu untuk ke bank dan membuat rekening baru tanpa ATM. Dengan begini, Anda bisa menahan diri dari godaan belanja di mal maupun online.

4.Bawalah uang tunai yang secukupnya
Kendati sekarang semuaserba digital, ada baiknya Anda tetap berjaga-jaga membawa uang tunai di dompet. Kendati demikian, jangan biasakan membawa terlalu banyak uang tunai karena sama saja membuka peluang Anda untuk menghabiskannya segera.

5. Buatlah penganggaran di awal bulan
Setelah gajian, buat penganggaran yang jelas. Buat juga prioritas utama, madya, dan rendah. Masukkan cicilan utang, pembayaran listrik dan kebutuhan rumah, di prioritas utama. Lalu kebutuhan makan di prioritas madya –karena Anda bisa mengiritnya dengan menghindari bahan-bahan mahal, serta urusan mode dan bersenang-senang di prioritas terakhir.

6. Ingat aturan 50-30-20
Bila masih bingung menentukan anggaran dan pos belanja, ingat aturan ini: Sisihkan 20 persen pendapatan bulanan kita untuk menabung, 30 persen untuk hiburan dan dana cadangan, serta 50 persen untuk kebutuhan hidup. Persentase ini membantu Anda untuk tidak melupakan tabungan, kebutuhan wajib, tetapi tak lupa untuk menyenangkan diri sendiri. (BS)

 



Komentar Untuk Berita Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas