Konsultasi

Jumat, 05 Januari 2018 | 22:56

Sumber foto: www.u2canhavesuccess.com

Sulbarkita.com - Berada di ruang publik seperti tempat kerja tentu memaksa Anda untuk berkomunikasi dengan orang lain. Sayangnya, tidak semua orang adalah sosok yang mudah bergaul alias ekstrovert. Ada di antara kita yang tergolong tipe introvert atau tertutup, sehingga terkadang kesulitan untuk membangun kepercayaan diri di lingkungan kantor.

Padahal rasa percaya diri amat vital dibutuhkan, apalagi ketika Anda mesti bergelut dengan sejumlah presentasi, melobi klien, berhadapan dengan bos, serta bergaul dengan rekan kerja. Bagi si introvert, berikut adalah rahasia yang bisa Anda coba agar bisa percaya diri di saat yang dibutuhkan.

1.Tantang diri Anda sendiri

Sering dengar anjuran “keluarlah dari zona nyamanmu untuk berkembang?”. Nah sekarang itu bisa Anda coba. Sesekali, paksa diri Anda untuk menjadi berani, sedikit “gila”, dan mengungkapkan ide-ide segar yang ada di kepala. Memang tak mudah. Tetapi bila itu terasa sulit, Anda tinggal membayangkan hal yang menyenangkan yang bisa dilakukan sepulang kerja.

2.Fokus ke diri sendiri

Jangan peduli kata orang. Persoalan banyak orang hingga pada akhirnya menjadi minder adalah karena terlalu takut apa yang akan orang lain katakan soal dirinya. Padahal itu belum tentu, lho. Bisa jadi apa yang ada di kepala Anda hanyalah ketakutan yang sebenarnya tidak terjadi. Intinya, lupakan standar yang ditetapkan orang lain.

3.Ingat bahwa Anda punya kelebihan

Bukan berarti menjadi sombong, tetapi Anda harus selalu mengafirmasi diri sendiri bahwa Anda punya kelebihan. Seperti apa kelebihan Anda, tentu Anda yang bisa mengenalinya. Fokus pada kelebihan Anda tersebut, dan jadikan kekuatan yang membuat Anda yakin bisa melalui banyak hal berat yang ada di depan.

4.Bermeditasi sejenak

Sebelum menghadap ke atasan Anda yang galak, menjalani presentasi, bertemu dengan klien yang menyebalkan, luangkanlah waktu untuk bermeditasi. Tak perlu susah, Anda bisa sekadar memejamkan mata, menghirup dan menghembuskan nafas dengan mendalam, dan membayangkan hal-hal yang positif.

BS



Komentar Untuk Berita Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas