Selasa, 23 Agustus 2011 | 11:20

JAKARTA - Sutradara kondang Hanung Bramantyo mengalami kesulitan menggarap film ‘Tendangan dari Langit’ yang bertemakan olahraga daripada genre film berlatar agama seperti Ayat-Ayat Cinta dan ? (Tanda Tanya).
 
"Ternyata tidak mudah membuat film olahraga. Lebih susah membuat film olahraga daripada film agama," aku Hanung saat ditemui di XXI Gandaria City, Jakarta Selatan, Senin (22/8/2011) malam.
 
Menurut suami Zaskia Adya Mecca ini, kesulitan yang dihadapi saat menggarap film yang mengangkat tentang sepakbola bukan hanya sekadar menghadirkan pemain-pemain sepakbola yang piawai di bidangnya saja, tapi juga menghadirkan suasana stadion olahraga ke dalam sebuah film. Sekaligus menyajikan tontonan drama yang membawa emosi penonton.
 
"Harus menghadirkan sosok bola. Karena bola itu pertunjukan yang kita enggak tahu endingnya apa. Sepakbola adalah sebuah drama yang kita tidak tahu endingnya seperti apa. Saya juga harus copy paste keadaan, keceriaan dari stadion ke gedung bioskop. Bagaimana bisa menghadirkan perasaan penonton secara personal. Bagaimana pemain bola itu sendiri memainkan permainan itu yang sulit," urainya.
 
Untuk itu Hanung berupaya keras menghasilkan tontonan yang baik tentang sepakbola. Salah satunya dengan mengarahkan sekira 2.000 orang ekstra sebagai supprter Persema di stadion Gajayana.
 
"Waktu syuting di stadion Gajayana paling susah karena kita mengarahkan aktor main bola dan suporter. Mereka harus berekspresi. Sementara ada 2.000 pemain ekstra yang semuanya bukan pemain film. Mereka bisa saja pada ngambek kalau kita enggak menservis mereka," paparnya.
 
Film berdurasi 117 menit itu dibantu penulis naskah Fajar Nugros yang berhasil menuangkan fakta-fakta tentang bola. Hal tersebut sudah diantisipasi oleh Hanung sejak awal guna menghindari protes keras dari fanatik bola.
 
"Saya meneyerahkan film ini sama orang yang mengerti sepakbola karena ini lebih fanatik dripada agama," ujarnya, tertawa.


Komentar Untuk Berita Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas