Advertorial

Rabu, 19 Juni 2019 | 21:03

Kunjungan Kerja DPRD Sulbar di Gowa/ Sulbarkita.com-Eri

Gowa, Sulbarkita.com -- Wakil Ketua DPRD Sulbar, H Hamzah Hapati Hasan dan Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Sulbar melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selaatan, Rabu 19 Juni 2019. Dalam kunjungannya, Hamzah beserta rombongan disambut Ketua Bamus DPRD Gowa, Rafiuddin Raping di gedung DPRD Gowa, Jalan Mesjid Raya, Sungguminasa.

Menurut Hamzah, kunjungan tersebut bertujuan untuk mendiskusikan kegiatan-kegiatan Bamus khususnya yang berkaitan dengan keterlibatan pihak eksektutif dalam kegiatan Bamus. “Diskusi kami seputar kegiatan Bamus disemua tingkatan DPRD baik provinsi maupun kabupaten/kota,” katanya.

Bamus merupakan suatu instansi yang memegang peranan penting untuk persiapan paripurna dewan. Kata Hamzah, pintu masuk paripurna harus melalui bamus. “Yang penting ialah sejauh mana pihak eksekutif dilibatkan dalam kegiatan bamus,” ujar politisi Partai Golkar ini.

Diskusi mengenai kinerja Badan Musyawarah (Bamus)

 

Hamzah menambahkan, paripurna adalah forum tertinggi dan terhormat DPRD, makanya pimpinan tertinggi eksekutif harus hadir karena hal ini menyangkut wibawa lembaga. Saat paripurna yang duduk di kursi terdepan adalah para pimpinan yakni pimpinan dewan dan kepala daerah.

“Kepala daerah tidak bisa diwakili oleh pejabat dibawahnya seperti Sekretaris Daerah (Sekda) apalagi pejabat bawahannya, itu sama sekali tidak boleh. Sebagai pimpinan DPRD Sulbar saya sudah tekankan hal ini karena ini menyangkut wibawa lembaga dan memang aturannya seperti itu,” ucap Hamzah.

Foto bersama DPRD Sulbar dan DPRD Kabupaten Gowa, Sulses

Namun, Hamzah tidak menafikkan pengecualian jika ada hal yang urgen sehingga kepala daerah atau wakilnya tidak hadir dalam paripurna. Ia pun berharap agar Bamus dalam kinerjanya memperjelas sinkronisasi jadwal pimpinan eksekutif dan legislatif. “Karena nantinya yang hadir pada paripurna harus pimpinan tertinggi eksekutif,” jelas Hamzah.

Advertorial



Komentar Untuk Berita Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas